Sabtu, 31 Mei 2014

proposal usaha

PROPOSAL USAHA
KEDAI SOSIS BAKAR 
 "SEDAP MANTAP"
A.    Latar Belakang
Saat ini sosis bakar sangat populer di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja, karena rasanya yang nikmat , lezat dan haerganya yang tidak menguras kantong.
Sehubungan dengan situasi di atas saya mendapat ide untuk membuat sebuah usaha “KEDAI SOSIS BAKAR” yang akan menciptakan varian-varian yang baru ,unik dan berbeda dari yang lain.
Karena saya hanya memiliki inovasi dan keahlian memasak , saya meminta bantuan anda untuk mencarikan lokasi penjualan dan modal usaha tersebut.
B.     Visi dan Misi
Visi :
Menjadi salah satu kedai sosis yang berkualitas dan bermutu tinggi dengan mengutamakan kepuasan pelanggan serta sosis yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet.
Misi :
1.      Menjadi kedai sosis yang memiliki kualitas dan bermutu tinggi.
2.      Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.
3.      Menciptakan produk tanpa menggunakan bahan pengawet.
C.     Analisis Peluang Usaha
1.      Strength (kekuatan)
·         Harga yang terjangkau jadi tidak terlalu mahal dan pas untuk kantong para remaja dan masyarakat.
·         Tempat yang mudah di temukan karena lokasinya berada di padat penduduk.
·         Kualitas produk yang baik karena tanpa menggunakan baahan pengawet dan aman untuk di konsumsi.
2.      Weaknes (kelemahan)
·         Ukuran toko yang terlalu kecil menyebabkan para pengunjung berdesakan dan kurang leluasa untuk membeli atau memilih produk kami.
·         Sosis kami hanya bertahan 1 hari saja karena sosis kami terbuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet.
·         Jumlah pegawai yang minim atau terbatas membuat pelayanan di warung kami sedikit kurang dan keteteran.
3.      Opportunity (peluang)
·         Seiring banyaknya konsumen yang datang di warung kami ,kami akan menambah varian rasa yang lebih banyak.
·         Banyak saran dari konsumen yang meminta fasilitasnya di tambah seperti pemasangan wifi dll.
·         Permintaan konsumen yang semakin meningkat kami berinisiatif berjualan secara online.
4.      Threat (ancaman)
·         Banyak pesaing yang mulai membuka usaha baru di sekitar , jadi pelanggan mulai beralih ke warung lain.
·         Banyaknya konsumen yang beralih ke warung lain karena harganya jauh lebih murah karena menggunakan daging sapi tidak layak konsumsi
A.    Marketing Mix
a.       Produk
-          Produk merupakan kombinasi barang dan jasa yang di tawarkan pada pasar sasaran.
-          Sosis bakar merupakan cemilan yang sangat di gemari oleh seluruh masyarakat terutama di kalangan para remaja.
-          I. Bahan :
1.      Daging dapi segar
2.       Resep rahasia
                       II. Daya tahan :
                            Hanya bertahan 1 hari saja karena terbuat dari bahan alami.
                      III. Siapa yang mengerjakan :
                             Pegawai yang sudah saya percaya untuk menangani pembuatan sosis>
-          Varian / macam :
.
        Sosis bakar Barbeque merupakan produk andalan yang ada di warung kami yang terbuat dari sosis lalu di masak dengan saos Barbeque.
 Sosis bakar original merupakan produk yang terbuat dari sosis tanpa di beri bumbu yang lainnya
 
Sosis bakar sambal setan merupakan produk yang sangat di gemari oleh para remaja karena rasanya yang Sangat pedas dan lezat.
 
a.       Price / harga
-          Sejumlah uang yang di bayarkan oleh konsumen bila konsumen membeli produk dari perusahaan itu.
-          Produk kami harganya relatif murah di bandingkan dengan warung-warung lainnya , namun kualitasnya tidak semurah harganya.
-          DAFTAR HARGA
 “Sosis bakar barbeque”
 
Rp 9000
              “Sosis bakar original”
 
Rp 7000
 
 
 
 
“Sosis bakar sambal setan”
 
 
 
 
    Rp 8000
a.       Place / tempat
-          Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke pengecer / ke konsumen langsung.
-          Produk yang kami jualkan menggunakan saluran distribusi langsung dengan cara menjualkan pada konsumen secara langsung.
b.      Promotin / promosi
-          Promosi adalah kegiatan/upaya perusahaan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas.
-          Promosi yang kami gunakan dengan cara di tawarkan melalui media cetak dan media internet.
 
A.      Kebutuhan modal
-          Modal tenaga kerja
a.       Bahan baku :
Daging sapi segar                    5kg = Rp. 350.000
Bumbu                                        3kg = Rp.    50.000
                                                                                                           Rp. 450.000
b.      Bahan penolong
Piring mika                     200 piring = Rp.    10.000
Tusuk sate                     200 tusuk = Rp.       5.000
                                                                                                            Rp.    15.000
c.       Biaya tenaga kerja
Chef                                  3 orang    = Rp. 150.000
Pelayan                            4 orang    = Rp. 200.000
Penjaga kasir                 2 orang    = Rp. 100.000
                                                                                                          Rp. 450.000
-          Investasi
a.       Alat                                 
Kompor                           2 buah      = Rp. 1.000.000
Alat pemanggang        2 buah      = Rp. 1.200.000
Kuas                                  3 buah      = Rp.       15.000
Capitan sosis                  3 buah      = Rp.       30.000                                                   
                                                                   
                                                                    Rp. 2.245.000
b.      Barang tidak bergerak
Tanah          500m2  @300.000         = Rp. 150.000.000
Bangunan  300m2  @1.000.000     = Rp. 300.000.000
                                                                                                          
                                                                     Rp. 450.000.000

1 komentar: